Home | Nasional | Daerah | Politik | Ekonomi | Hukrim | Olahraga | Peristiwa | Pendidikan | Internasional | Indeks
 
DPRD Sarolangun Rapat Paripurna Tahap 1 Tingkat 3 LKPJ Bupati tahun 2023
Rabu, 01-05-2024 - 09:05:04 WIB
DPRD Sarolangun Rapat Paripurna Tahap 1
TERKAIT:
   
 

SAROLANGUN,Detikradar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun pada Selasa (30/04/2024) sore, mengelar rapat Paripurna Tahap 1 Tingkat 3 terkait laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sarolangun Tahun 2023 yang disampaikan langsung oleh Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Aang Purnama, SE MM (Waka 1) dan Sahrial Gunawan SE (Waka 2) DPRD Sarolangun itu, dihadiri oleh kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sarolangun serta Sekwan DPRD Sarolangun Efrianto.

Dalam laporannya, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri menyampaikan berberapa laporan pertanggungjawaban atas pertanyaan atau tanggapan dari 8 Fraksi di DPRD Sarolangun yang masing-masing disampaikan oleh Yusuf Helmi AB SE (Fraksi Partai Golkar) H. Sadam Hidayat (Frsksi Partai Demokrat) AH Marzuki S.Ag (Fraksi PDIP) Fadlan Kholik SE, ME, Sy (Fraksi PKS) Muhammad Zabidi (Fraksi PPP) Muslimin (Fraksi PKB) Ade Saputra SE (Fraksi PAN) dan Abdul Basid A. Md (Fraksi Partai Gerindra)

Adapun pertanyaan dan tanggapan disampaikan oleh Fraksi Partai Golkar terkait capaian PAD Tahun 2023 sebesar Rp 68,546 lebih yang dinilai lebih kecil dibandingkan capaian tahun 2022 sebesar Rp 70,760 Melyar lebih, dari Fraksi Partai Demokrat meminta Pemkab Sarolangun mengawasi keberadaan pabrik atau perusahaan di kabupaten Sarolangun,  melakukan pembenahan potensi wisata,  penjelasan rekruitmen P3K tahun 2023 dan 2024, meminta penjelasan terkait limit waktu jabatan PLH, PLT dan PJ bagi pejabat eselon dilingkungan Pemkab Sarolangun. Meminta penjelasan terkait kekosongan pejabat eselon II, III, dan IV dilingkungan Pemkab Sarolangun, serta pengaruh Surat Ederan Mendagri tentang larangan mutasi jabatan.

Dari Fraksi PDIP meminta penjelasan terkait realisasi PAD yang mencapai 102, 24% dan sektor-sektor PAD yang mengalami kenaikan realisasi Signifikan dan meminta penjelasan tentang LKPJLKPJ yang menitikberatkan pada kajian input, kajian outoutput dan kajian outcome, Fraksi PKS meminta penjelasan tentang PPNS di satuan Pol PP, meminta kantor Arsip Daerah melakukan Dokumentasi Daerah, meminta penyusunan APBD disusun secara akurat dan optimal, meminta penjelasan tentang tindaklanjut temuan BPK tahun 2022.

Fraksi PPP meminta adanya peningkatan pelayanan publik terutama pada bidang kesehatan, infrastruktur jalan, pendidikan dan pelayanan umum, meminta Pemkab fokus pada RPJMD yang telah disusun dan mempertanyakan perubahan kantor kesbangpol menjadi badan, Fraksi PKB meminta penjelasan tentang potensi PAD serta antisipasi kebocoran PAD dan meminta penyerapan PAD dioptimalkan.

Sedangkan Praksi PAN memberikan saran kepada Diknas agar membuat data base bagi sekolah yang akan direhabilitasi, yang dilakukan selaras dan merata. meminta adanya pengendalian kenaikan harga sembako,  meminta penggunaan anggaran secara bijak dan Memperoritas kebutuhan utama,  Fraksi Partai Gerindra meminta OPD kreatif dalam menciptakan PAD baru dan mengembangkan PAD yang telah ada dan meminta penjelasan tentang penyerapan anggaran.

Atas tangapan dan pandangan yang disampaikan oleh 8 Fraksi di DPRD Sarolangun tersebut, dijawab secara terperinci oleh Pj Bupati Sarolangun yang mendapat apluse dari anggota Dewan yang hadir.

“Jika telah disepakati rapat paripurna akan belanjut ke tahap 2 tingkat 3” Ujar Sahrial Gunawan sembari mengetok palu rapat.(hki)




 
Berita Lainnya :
  • Meriahkan HUT ke-240 Pekanbaru, Pemko Masih Lakukan Persiapan
  • Hoaks, Surat Edaran Penempatan Tenaga Kesehatan dan Peresmian RSUD Rupat Utara
  • LSM TRINUSA Layangkan Pemberitahuan Aksi Kepolresta Rencana Gelar Unjuk Rasa di Bank Bandar Lampung Dan Dinas Bina Marga Provinsi
  • PENGAJUAN 1 (SATU) PERKARA UNTUK DILAKUKAN PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF JUSTICE DISETUJUI OLEH JAMPIDUM KEJAKSAAN AGUNG RI
  • Irjen M Iqbal Lepas Tiga Truk Bantuan Polda Riau untuk Korban Banjir Bandang Sumbar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Meriahkan HUT ke-240 Pekanbaru, Pemko Masih Lakukan Persiapan
    02 Hoaks, Surat Edaran Penempatan Tenaga Kesehatan dan Peresmian RSUD Rupat Utara
    03 LSM TRINUSA Layangkan Pemberitahuan Aksi Kepolresta Rencana Gelar Unjuk Rasa di Bank Bandar Lampung Dan Dinas Bina Marga Provinsi
    04 PENGAJUAN 1 (SATU) PERKARA UNTUK DILAKUKAN PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF JUSTICE DISETUJUI OLEH JAMPIDUM KEJAKSAAN AGUNG RI
    05 Irjen M Iqbal Lepas Tiga Truk Bantuan Polda Riau untuk Korban Banjir Bandang Sumbar
    06 Bupati Kasmarni Hadiri Kirab Budaya, Sempena HUT Ke-44 Dekranasda Di Kota Surakarta
    07 Kunker ke Riau, Komisi Kejaksaan RI Pantau Perilaku Jaksa
    08
    09 Resmi Kembalikan Formulir Bacabup,Tontawi Berharap Partai PKN Meminangnya
    10 MENUJU WBK, LAPAS PASIR PENGARAIAN JALANI DESK EVALUASI TPI
    11
    12 Waspada, Penipuan Mengatasnamakan Bupati Bengkalis Kasmarni
    13 Hadiri Halal bi Halal IKA-UNRI, Bupati Kasmarni Harapkan Untuk Terus Saling Sinergi
    14 PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sampaikan Laporan Kinerja Triwulan IV Ke Mendagri
    15 Tontawi Jauhari Kembalikan Formulir Cakada ke DPC partai PPP dan Gerindra
    16 Tontawi Jauhari, Kembalikan Formulir Cabup ke DPD partai PAN, Hermi: yang Kita Nantikan Datang Juga.
    17 Pasien BPJS Mojokerto Keluhkan Pelayanan dokter Rodli Alfiyan di Puskesmas Lespadangan
    18 HUT Hardiknas 2024, Pj Bupati Sarolangun Canangkan 3 Pelajaran Mulok Baru di Sekolah
    19 Bersama Pemprov Sumut, Taspen Persero Sosialisasikan Program Sejahterahkan ASN dan Pensiunan
    20 Terwujudnya Organisasi 'Adat Agol-agol Nuswantoro' di Bumi Mojopahit
    21 Klarifikasi Mualimin Soal Dugaan Chat Mesra Dengan Sesama Teman Kantor.
    22 Pembentukan 6 Partai Koalisi Non-Parlemen di Mojokerto, Mengusung Bupati Tertentu
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Media Online | detikradar.com